arrow_upward

SURVEI SBLF: Mahyeldi-Audy Menangi Pilgub Sumbar

Saturday, 5 December 2020 : 09:00

 

Mahyeldi-Audy Joinaldy.

         

Padang, AnalisaKini.id- Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi-Audy Joinaldy diprediksi akan memenangi Pilkada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar. Mahyeldi-Audy memenangi Pilkada Sumbar berdasarkan hasil survei terbaru dari Sumatera Barat Leadership Forum (SBLF) Riset.

SBLF Riset merilis hasil survei Pilkada terbaru, Jum’at (4/12). Lembaga riset yang sudah berdiri sejak 2014 ini menyebutkan pasangan Mahyeldi-Audy meraih 36,69 persen suara, disusul Mulyadi-Ali Mukhni dengan 28,79 persen, Nasrul Abit 26,21 persen, Fakhrizal-Genius 6.62 persen, dan yang belum menentukan pilihan sebesar 1.69 persen. 

Direkrut SBLF Riset, Edo Anderson menyebutkan, survei dilaksanakan pada 29 November-3 Desember. Survei melibatkan 2.000 responden dengan sampel tersebar proporsional di 19 kabupaten dan kota di Sumbar. Survei menggunakan metodologi multistage random sampling dengan margin of error 2,1 persen.  “Keunggulan Mahyeldi-Audy terprediksi konsisten sejak 3 survei sebelumnya, Agustus, September, dan November,” ujar Edo.

Edo yang merupakan kandidat doktor Universitas Negeri Padang ini lebih lanjut menyebutkan, keunggulan Mahyeldi-Audy dalam keterpilihan terlihat dari penguasaan basis kabupaten dan kota yang dominan dari pada paslon lainnya. Basis Mahyeldi adalah Kota Padang sebagai DPT terbesar pertama, kemudian tanah kelahirannya Agam, sebagai sumando Luak Limo Puluah serta support dari kada PKS, terutama Irwan Prayitno yang menjadi Gubernur Sumbar sekarang dan Riza Falepi yang menjadi Walikota Payakumbuh. Ditambah pula daerah pemilih karakter kota sebagai basis pemilih PKS dan beberapa daerah yang tidak ada daerah asal calon menjadi unggulan pasangan Mahyeldi-Audy.

Keberhasilan Mahyeldi sebagai Walikota Padang menurut Edo menjadi sorotan. Terutama dalam tata kelola pemerintahan dan program yang menyentuh di masyarakat. Tak tanggung-tanggung, penghargaan kepala daerah terbaik didapatkan Mahyeldi dalam ajang penghargaan yang dilakukan Metro Tv. “Masyarakat di luar Padang yang menjadikan Padang sebagai tujuan wisata dan perkembangan sarana dan prasarana publik yang semakin hari semakin rancak serta dukungan dari sektor petani, peternak, dan nelayan sebagai background tamatan paslon membuat Mahyeldi mendapatkan dukungan berarti,” urai Edo.

Sementara, Calon Wakil Gubernur, Audy menurut Edo mempunyai basis di Solok raya karena menjadi satu-satunya putra daerah yang maju di Pilgub. Audy mendapat dukungan dari kaum milenial sebagai satu-satunya calon yang muda. Audy meraup lebih dari 50 persen pemilih milenial yang berjumlah 40 persen dari total pemilih di Sumbar.

Audy juga mendapat dukungan dari sektor pengusaha UMKM dan besar yang melihat Audy yang seorang wirausaha sukses di Indonesia Timur. “Audy menjadi harapan baru perekonomian Sumbar semakin baik,” terang Edo.

SBLF Riset merupakan lembaga riset yang berdiri sejak 2014. Lembaga ini telah ikut serta dalam lebih dari 50-an survei di wilayah Sumatera bagian utara (Sumbar, Aceh, Sumut, Riau dan Kepri). Surveiya terbukti berhasil memprediksi hasil pemilih di 7 Pilkada sebelumnya di Sumbar dan survei di luar Sumbar. Terakhir hasil survei Pilwako Padang yang dirilis 63 persen hasil akhir di KPU dengan angka 62.9 persen. Survei SBLF ini menunjukan hasil senada dengan survei Voxpol yang dilaksanakan November lalu yang menempatkan Mahyeldi-Audy dalam kriteria paslon yang paling mampu memimpin Sumbar, sederhana, religius dan anti korupsi menurut masyarakat Sumbar.(***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :


Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved