arrow_upward

Reshuffle, Nama Sandi Menguat Jadi Menparekraf, M. Lutfi Jadi Mendag

Monday, 21 December 2020 : 21:42

 

Sandiaga Uno.

Jakarta, AnalisaKini.id-Presiden Jokowi bakal mengumumkan reshuffle kabinet pada Rabu ini, (23/12/2020). Sejumlah nama kandidat menteri baru mulai muncul ke publik. Salah satunya Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno dan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat M. Lutfi.

Dikutip dari kumparan.com, nama Sandiaga Uno belakangan menguat menjadi Menteri Parekraf menggantikan Wishnutama. Sebelumnya, nama Wishnutama atau yang akrab disapa Tama ini tidak disebut bakal kena reshuffle kabinet.

Sumber di internal parpol koalisi menyebut, ada keputusan di menit-menit terakhir dan Sandi disebut bakal menjadi menteri Parekraf. Namun, ada pula sumber yang meragukan informasi ini mengingat Tama dekat dengan Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Sandiaga justru santer disebut menjadi calon kuat Menteri KP pengganti Edhy Prabowo. Namun, belakangan Sandi tersisih. Menteri KP kini santer ditempati oleh Wahyu Sakti Trenggono yang kini menjadi Wamenhan.

Sementara itu, nama M. Lutfi juga muncul belakangan sebagai kandidat Mendag. Sebelumnya, justru nama Mahendra Siregar yang santer disebut menjadi Mendag untuk menggantikan Agus Suparmanto. Agus merupakan kader PKB.

Sebelum ditunjuk menjadi Dubes RI, M. Lutfi aktif membantu pemenangan Jokowi-Ma'ruf dalam kelompok relawan. Di era SBY, M. Lutfi pernah menjabat Mendag.

Saat penyusunan Kabinet Indonesia Maju di awal pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, nama M. Lutfi juga sempat muncul sebagai calon menteri. Namun, terpental. (***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved