arrow_upward

Politisi asal Gowa Adnan Purichta Ichsan Cetak Rekor Ketujuh di Pileg dan Pilkada

Kamis, 17 Desember 2020 : 19.34

 

Adnan Purichta Ichsan.

Gowa, AnalisaKini.id- Pasangan Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Malaganni Karaeng Kio ditetapkan sebagai peraih suara terbanyak Pilkada Gowa, pada Rabu (16/12/2020). Hasil ini menambah daftar rekor Adnan sejak terjun ke panggung politik pada 11 tahun silam.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh KPU Gowa, calon tunggal Adnan-Kio meraih perolehan 377.463 suara atau setara 91,22 persen sedangkan kolom kosong sebesar 36.325 suara atau 8,78 persen. Adapun suara sah tercatat 413.788 sedangkan suara tidak sah 5.816.

“”Berdasarkan hasil akhir rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU Gowa pada 18 kecamatan, pasangan Adnan Purichta Ichsan dan Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio meraih perolehan sebanyak 377.463 suara dengan persentase 91,22 persen dan kolom kosong sebesar 36.325 suara atau 8,78 persen,” ucap Ketua KPU Gowa Muhtar Muis saat memimpin rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara seperti dikutip dari sulselekspres.com.

Penetapan hasil Pilkada Gowa tersebut sukses memecahkan dua rekor terbaru untuk Adnan. Pendulang suara tertinggi sejak era pilkada langsung di Sulsel dan pendongkrak partisipasi pemilih di pilkada serentak Sulsel tahun ini.

Sebagai pendulang suara tertinggi, Adnan Purichta Ichsan mematahkan rekor kemenangan Nurdin Abdullah saat memenangi Pilkada Bantaeng 2013 lalu. Kala itu, Nurdin yang maju di periode keduanya bersama M Yasin meraih kemenangan sebanyak 82,58 persen atau 76.660 suara.

Khusus partisipasi pemilih, warga Kabupaten Gowa yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menyalurkan hak suaranya tercatat paling tinggi di 12 pilkada serentak Sulsel tahun ini. Yakni menembus angka 79,17 persen. Angka ini melampaui target KPU di tengah pandemi Covid-19.

“Ini berkat kerjasama seluruh pihak antara pemerintah, Forkopimda, KPU dan Bawaslu serta beberapa pihak lainnya yang ikut mensukseskan Pilkada. Baru kali ini partisipasi pemilih kita di atas 70 persen apalagi di tengah pandemi Covid-19 dimana banyak masyarakat yang khawatir akan penularan Covid-19 ditambah dengan calon tunggal,” kata Adnan Purichta Ichsan baru-baru ini.

Sejak terjun ke dunia politik pada 11 tahun lalu, Adnan memang langsung mencetak rekor pertamanya. Saat bertarung di Pemilu Legislatif 2009, Adnan yang kala itu mengendarai Partai Demokrat dari Dapil Makassar sukses melenggang ke legislatif dengan rekor suara terbanyak di DPRD Sulsel. Yakni 31.893 suara.

Rekor peraih suara terbanyak ini diiringi dengan rekor keduanya sebagai anggota DPRD Sulsel termuda. Saat itu, Adnan masih berumur 23 tahun.

Terpilih sebanyak dua periode di DPRD Sulsel, Adnan kemudian maju di Pilkada Gowa 2015. Lagi-lagi mencetak tiga rekor sekaligus.

Yakni pasangan calon pertama di pilkada se Sulsel yang menang alias terpilih lewat jalur independen atau perseorangan (rekor ketiga), satu-satunya anak bupati yang langsung memenangi pilkada (rekor keempat), dan bupati termuda di kawasan Timur Indonesia, yakni 29 tahun (rekor kelima).

Dengan tambahan dua rekor di Pilkada Gowa 2020, maka putra mendiang Ichsan Yasin Limpo itu sudah menorehkan tujuh rekor politik di usia 34 tahun.(***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved