arrow_upward

Luar Biasa, Batik Lumpo dan Pengabdian Novia Hertini Diapresiasi Presiden RI

Senin, 14 Desember 2020 : 17.26

 


Padang, AnalisaKini.id- Ternyata batik ciri khas Ranah Minang, atau tepatnya batik Lumpo, mendapat apresiasi dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Penghargaan dari Presiden tersebut disampaikan dalam konferensi Pers, Novia Hertini sebagai Founder batik Lumpo, disalah satu hotel di kota Padang, Senin (14/12/2020).

Novia Hertini mengatakan, kalau usahanya dalam mengembangkan batik Lumpo, ternyata mampu membuat pemerintah tertarik dan sangat mengagumi produksi Ranah Minang tersebut, dengan memberikan  penghargaan Upakarti 2020 dari Presiden Joko Widodo, tertanggal 4 Desember 2020.

Penghargaan yang diterima Novia Hertini merupakan jasanya dalam pengabdiannya tiada henti, untuk mengembangkan batik tradisional Lumpo, melalui sektor UMKM dan pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga.

"Saya merasa terpanggil untuk mengembangkan batik Lumpo, karena keindahan dan kehalusannya, layak dipakai kalangan atas dan para eksekklusif, juga dipakai oleh kalangan umum," ulas Novia Hertini.

Ditambahkannya, selain mengenalkan batik Lumpo untuk nasional dan internasional, juga bisa menambah peningkatan perekonomian masyarakat setempat, dengan cara memberdayakan setiap rumah tangga melakukan produksi tenun batik Lumpo.

"Selain mengenalkan pada nasional dan internasional, kita juga memberdayakan perekonomian masyarakat dengan mengikut sertakan masyarakat dalam memproduksi batik Lumpo, sehingga semua bisa merasakan dampaknya, dan bisa mengangkat taraf perekonomian masyarakat," ulas Novia lagi.

Penghargaan Upakarti bidang pengabdian ini tidak membuat Novia menjadi sombong, bahkan semakin termotivasi untuk lebih mengembangkan kegiatan lainnya, tentunya dengan tujuan pengabdian pada masyarakat dalam mengangkat taraf perekonomian masyarakat.

Sekaitan dengan penghargaan yang diterima Novia Hertini, Gubernur Sumatera Barat melalu Dinas Pariwisata, sudah terlebih dahulu memberikan apresiasi dan akan terus memotivasi, sehingga pengabdian dalam pengembangan produktivitas masyarakat  semakin meningkat.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved