arrow_upward

Di hadapan Pengurus Yayasan Ar-Rahman, Irwan Prayitno Sampaikan Keutamaan Silaturahmi

Thursday, 17 December 2020 : 21:46

 

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memberikan sambutan.(***)

Halaban, AnalisaKini.id- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengingatkan seluruh masyarakat untuk lebih mempererat tali silaturahmi, karena dengan mempererat silaturahmi maka akan mendapatkan kenikmatan dan manfaat bagi yang melaksanakannya. 

Hal tersebut disampaikan  Irwan Prayitno didampingi istrinya Nevi Zuairina yang juga anggota Komisi VI DPR saat pelaksanaan silaturahmi dengan pengurus Yayasan Ar-Rahman di SD IT dan TK Tahfidz Ar-Rahman Kecamatan Lareh Sago Halaban, Limapuluh Kota, Kamis (17/12/2020).

"Kami kemari yang utama sekali adalah untuk bersilaturahmi. Karena hukum silaturahmi menurut Islam adalah wajib karena merupakan salah satu cara untuk memperlancar rezeki dan menjaga hubungan baik dengan keluarga dan saudara lainnya," kata Irwan Prayitno.

Menjalin silaturahmi termasuk amalan yang memiliki banyak keutamaan. Menjalin silaturahmi adalah salah satu cara mewujudkan ukhuwah islamiyah. Rasulullah memerintahkan agar umat Islam menjaga dan menyambung silaturahmi khususnya bagi sesama muslim.

Salah satu keutamaan menjalin silaturahim akan memudahkan rezeki, memanjangkan umur dan terhindar dari kematian yang buruk. Dengan silaturahmi persatuan masyarakat muslim di Sumbar akan tetap kuat dan terjaga.

Irwan Prayitno menjelaskan, selama ini kebanyakan penyakit yang terjadi di tengah-tengah masyarakat diakibatkan oleh kurang atau tidak mau menjalin hubungan silaturahmi. Sebagian besar mereka sakit dikarenakan masalah psikis. Akibat pikiran dan perasaan yang tidak karuan, stress, selalu berprasangka buruk, hal seperti ini yang mengakibatkan berbagai macam penyakit.

"Maka obatnya adalah bersilaturahmi, saling tolong menolong, bertaawun. Oleh karena itu mari kita tingkatkan lagi silaturahmi antar sesama kita," pesannya.

Manusia merupakan makhluk sosial, yang di manapun dan kapanpun membutuhkan manusia lainnya untuk bisa saling membantu, saling menolong, mendukung, bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan hidup di dunia. Oleh karena itu, di dalam Islam silaturahmi sangatlah penting.

Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda bahwa, "Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahmi”. (HR Bukhari).

"Menyambung silaturahmi merupakan bagian dari ajaran Islam. Untuk itu Rasulullah memerintahkan agar umat islam menjaga dan menyambung kekerabatan khususnya bagi sesama muslim," ucap Irwan Prayitno.

Selain itu, Irwan Prayitno menyampaikan apresiasi pada SD Islam Terpadu Ar-Rahman yang telah menjadi inspirasi bagi kemajuan pendidikan di Limapuluh Kota dan kebaikan bagi kecerdasan masyarakat di daerah ini.

"Untuk perkembangan nanti serahkan saja kepada Allah SWT, yang terpenting kerja sungguh-sungguh dan berdoa untuk kemajuan dan keberlangsungan pendidikan SD IT Ar-Rahman. Semoga sekolah ini terus maju dan membentuk karakter dan sikap bagi anak-anak kita agar menjadi pemimpin umat dimasa yang akan datang," tambahnya.(relis/***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved