arrow_upward

Raja Minangkabau Dukung Fakhrizal Jadi Gubernur Sumbar

Tuesday, 10 November 2020 : 10:47
Calon Gubernur Sumbar Irjen Fakhrizal dan Yang Dipertuan Agung Raja Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror beserta rombongan foto salam 3 Jari di Istana Silindung Bulan Pagaruyung, Batusangkar, Sumbar. (ist).

Batusangkar, AnalisaKini.id- Yang Dipertuan Agung Raja Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror resmi mendukung kepada Paslon Irjen Pol (Purn) Fakhrizal,  dan Dr. Genius Umar, yang maju pada Pilgub Sumbar 2020.

“Kami sangat mendukung  Fakhrizal sebagai calon Gubernur Sumbar, sebab beliau adalah sosok pemimpin yang peduli dengan adat dan budaya Minangkabau, sebagaimana yang telah kita dengar langsung atau pun kita baca lewat media,” ujar Yang Dipertuan Agung Raja Alam Minangkabau, Darul Qoror, Senin (9/11/2020).

Dukungan itu disampaikan Yang Dipertuan Agung saat menerima kunjungan kehormatan dari Irjen Pol Fakhrizal dan Genius Umar beserta rombongan ke Istana Silindung Bulan Pagaruyung, Senin kemarin.

Kalimat dukungan Yang Dipertuan Agung juga sebagai balasan atas penyampaian Irjen Fakhrizal kepada dirinya saat pertemuan tersebut.

Dijelaskan Yang Dipertuan, dirinya sebelum ini juga sudah mendengar majunya Irjen Fakhrizal sebagai Cagub Sumbar dari media sosial, media online dan mediacetak di Sumbar.

Yang Dipertuan juga mendapatkan informasi lengkap tentang siapa Irjen Fakhrizal baik sebagai mantan Kapolda Sumbar atau sebagai pribadi.

Penyampaian dukungan Yang Dipertuan kepada Paslon no 3 ini juga disaksikan disaksikan oleh pihak keluarga kerajaan dan ninik mamak yang ada di kawasan kerajaan Pagaruyung.

Ikut menyaksikan peristiwa itu kader partai pengusung, di antaranya Dedi Irawan dari Golkar, Nova Hendria K dan Adrijinil Simabura dari Partai NasDem.

Sebelumnya Irjen Pol (Purn) Fakhrizal, yang didampingi Wakilnya Dr Genius Umar, menyampaikan permohonan dukungan kepada Yang Dipertuan Agung Raja Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror untuk maju pada Pilgub Sumbar 2020 ini.

“Kedatangan saya ke Istana Silinduang Bulan adalah ingin bersilaturahmi dengan Yang Dipertuan Agung Raja Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror, sekaligus memohon doa restu serta dukungan atas majunya saya bersama Genius Umar dalam Pilkada  Sumbar,” kata Irjen Fakhrizal menjelaskan.

Jenderal Fakhrizal juga memaparkan siapa partai koalisi yang mengusung dirinya bersama Genius Umar yakni Partai Golkar, NasDem dan PKB. Setelah itu Fage kemudian didukung oleh lima partai lain yakni Partai Berkarya, PBB, Hanura, Perindo dan PKPI.

“Sebelumnya saya sama Pak Genius Umar maju dari jalur independen tapi tidak lolos. Kini saya dan pak Genius maju diusung tiga partai dan lima partai pendukung,” jelasnya.

Kepada Dipertuan Agung Raja Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror, Jenderal Fakhrizal juga menyampaikan alasannya maju menjadi calon gubernur Sumbar yakni ingin memperbaiki dan menyelesaikan pelbagai masalah yang menggayut daerah ini.

“Kami ingin membangun kembali provinsi Sumbar sebagai daerah yang religius, sejahtera dan bermartabat. Untuk memenuhi target itu, kami sudah siapkan 10 program prioritas, diantaranya gratis biaya pendidikan hingga SLTA dan program satu sarjana dalam satu keluarga miskin,” papar Fakhrizal.


Optimis Menang


Pada kesempatan yang sama, Dedi Irawan, Ketua Tim Pemenangan FaGe Tanah Datar, menyampaikan optimismenya dengan diusung dan didukung 8 partai FaGe akan memenangkan Pilgub Sumbar.

“Insya Allah dengan diusung dan didukung 8 partai besar di Indonesia dan merupakan partai pendukung pemerintah, maka kami optimis FaGe akan memenangkan Pilgub Sumbar,” ujar Dedi yang berasal dari Partai Golkar.

Dedi juga memaparkan paslon FaGe adalah representasi dari kepentingan dan kebutuhan pemerintah pusat di Sumbar. Oleh sebab itu, katanya, sudah menjadikan keharusan bagi masyarakat Sumbar untuk memenangkan FaGe.

Dedi juga menjelaskan  dibalik dari maksud kedatangan Fakhrizal dan Genius Umar ke Istano Silindung Bulan ini adalah bertujuan meminta dukungan dan doa restu dari Yang Dipertuan dengan seluruh keluarga besar.

“Alhamdulillah, selama masa kampanye di 18 kabupaten dan kota di Sumbar, minus Mentawai selama satu bulan terakhir antusiasme masyarakat supaya FaGe jadi pemimpin di Sumbar sangat tinggi,” tegas Dedi.

Semua itu, kata Dedi, memang disebabkan oleh kepribadian Jenderal Fakhrizal  yang peduli terhadap adat dan budaya minangkabau, dermawan, dan peduli atas persoalan kemasyarakatan baik di kampung dan di rantau.

Secara pribadi Jenderal Fakhrizal juga memiliki kepedulian atas persoalan yang menimpa masyarakat yang lemah secara hukum dan ekonomi. “Hal itu bisa kita telusuri saat beliau menjadi Kapolda Kalteng dan Sumbar,” ujar Dedi. (***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved