arrow_upward

Guspardi Gaus, Pilpres AS Harus Jadi Pelajaran Pemilu di Indonesia

Senin, 09 November 2020 : 16.50

Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si

Jakarta, AnalisaKini.id-Anggota Komisi II DPR, Guspardi Gaus mengapresiasi niatan Presiden Jokowi untuk meningkatkan kerjasama dengan Amerika Serikat (AS) dalam bidang ekonomi, demokrasi dan multilateral, pasca kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS 2020.

"Saya memberikan apresiasi kepada Jokowi jika memang beliau menyampaikan itu (niatan untuk meningkatkan kerjasama dengan AS, red)" kata Guspardi Gaus kepada awak media Senin (9/11/2020).

Guspardi mendukung ada upaya yang lebih kongkrit membangun Kerjasama di bidang-bidang tersebut, termasuk mengenai sistem Pemilu Indonesia.

Politisi PAN ini menilai, kemenangan Biden memang patut menjadi pembelajaran bagi Indonesia dalam demokrasi dan demokratisasi. Biden telah menunjukkan dirinya adalah sosok yang akomodatif di tengah aspirasi pemilih AS yang multi etnis, agama, dan teritori (negara bagian). Ini tentu nilai demokratis yang patut dicatat. Tak heran lebih kurang 80 persen suara pemilih muslim amerika mendukung Biden. Belum lagi suara imigran, dan juga suara pemilih di kantong-kantong suara Trump sebagai petahana.

"Saya kira kemenangan Biden memang potret dari harapan demokrasi segenap rakyat Amerika," ujar Legislator dapil Sumbar 2 ini.

Kemenangan Biden yang bahkan terjadi di basis dan kantong-kantong suara Trump, patut ditengarai, Pilpres AS tak terganggu oleh penetrasi kekuasaan petahana. "Ini pelajaran berharga bagi kita semua, bagi pemilih, bagi politisi, dan juga bagi penyelenggara Pemilu kita" ulas  Guspardi Gaus.

Fakta bahwa Pemilu di Indonesia masih kerap dibayang-bayangi oleh narasi lembaga survey dan quick count adalah  hal yang perlu dibenahi. Pasca kemenangan Biden, ada kesadaran bersama di Tanah Air, Indonesia untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelaksanaan demokrasi yang jujur dan adil. (***).

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved