arrow_upward

Sejak Merdeka 1945, Andre Rosiade Anggota DPR Perdana ke Sisawah Sijunjung

Selasa, 27 Oktober 2020 : 09.00

 

Anggota DPR dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade bersama tokoh masyarakat Sisawah, Tanjung Ampalu, Sijunjung.

Sijunjung, AnalisaKini.id- Anggota DPR asal Sumbar Andre Rosiade disebut menjadi wakil rakyat di Senayan pertama yang mendatangi Nagari Sisawah, Keamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung. Hal itu disampaikan Walinagari Sisawah, Restu Samsepta saat berdialog dengan anggota Fraksi Gerindra itu, Sabtu (24/10/2020).

Restu senang dengan kedatangan Andre ke daerah yang jauh tertinggal di pelosok negeri ini. Dia berharap, Andre bisa membuka akses yang sudah bertahun-tahun terisolir. 

“Sebenarnya secara lokasi, Sisawah di tengah-tengah Kecamatan Sumpur Kudus, dekat dengan ibu kota Muaro Sijunjung, tapi karena akses jalan yang tak terbuka, kami tertinggal,” katanya dalam dialog yang dihadiri kader Gerindra Mendro Suarman dan tokoh  masyarakat Sijunjung Arrival Boy itu.

Saat ini, ujar Walinagari, anak-anak tidak ke sekolah dan diwajibkan belajar secara daring (dalam jaringan) atau online, mereka sangat kesulitan. Harus pergi berkilo-kilo meter untuk mendapatkan sinyal, sampai ke Padang Lawas dan Koto VII. Tentunya ini sangat membebani warga, apalagi mereka banyak yang tidak punya HP, karena sinyal benar-benar tidak ada di perkampungan itu.

“Kami berharap banyak kepada  pak Andre. Mudah-mudahan akses ketertinggalan kita bisa terbuka, jalan dan sinyal. Sekarang kalaupun ada sinyal wi-fi, kami harus membayar Rp5.000 per jam,” kata Restu diiringi tepukan tangan warga yang sangat berharap adanya tower dan masuknya sinyal di negeri itu.

Tokoh masyarakat Sisawah yang juga mantan Walinagari Sisawah dua periode,  Ervenely betul-betul senang dan sangat berharap dampak positif dari kehadiran Andre Rosiade itu. 

“Bersama bapak, kami berharap betul-betul bisa merdeka dari keterisoliran,” katanya dalam dialog yang juga dihadiri Anggota DPRD Sumbar Dt Sunggono dan anggota DPRD Sijunjung Rusdi Antoni.

Wakil Ketua KAN Sisawah itu menambahkan, selain sinyal, masalah jalan yang menghubungkan Sisawah dengan Tanjung Ampalu juga sudah sangat berlarut-larut. Setiap Musrenbang (musyawarah rencana pembangunan) dari Nagari sampai Kecamatan selalu ada, tapi tidak pernah dijalankan. “Padahal, kalau jalan itu bagus, dari Sisawah ke kantor Bupati di Muaro saja hanya 30 menit, hanya 5,3 KM. Kami minta pak Andre juga membantu ini. Mungkin hanya butuh sekitar Rp10 miliar saja,” katanya.

Andre Rosiade menyebutkan, awalnya dia mendapatkan informasi terkait Sisawah ini dari pemuda setempat, Alhadi. Dia meminta Alhadi dan Pemerintah Nagari Sisawah membuatkan surat permohonan penambahan tower telekomunikasi. “Kami dengar informasi ini. Waktu kampanye dulu kami juga pernah ke Unggan yang tak jauh dari sini, dan menjadi calon anggota DPR RI perdana yang datang. Sekarang di Sisawah, jadi anggota DPR pertama pula yang hadir,” kata Andre didampingi Ketua DPC Gerindra Sijunjung Syahril Syamra dan Sekretaris Anas Prabowo.

Andre menyebut, kedatangannya untuk keempat kalinya ke Sijunjung pascadilantik setahun lalu adalah sebagai ucapan terima kasih sebagai wakil rakyat, dan juga terima kasih Prabowo dan Partai Gerindra. Karena, suara terbanyak di Sijunjung direngkuh Gerindra dan Prabowo. 

“Saatnya kami membalas guna untuk Sijunjung. Anggota DPR dari Gerindra tak datang hanya saat Pemilu saja. Sudah menang tak terlihat lagi,” kata ketua DPD Gerindra Sumbar ini.

Andre bertekad, akan segera menyelesaikan masalah tidak ada sinyal di Sisawah, karena pernah dilakukannya di Palupuh Agam. Tak berapa lama setelah surat dikirim, Telkomsel datang membangun tower atau BTS Portable (sementara) di sana. 

“Karena pembangunan BTS permanen memakan waktu sekitar satu sampai dua tahun, sementara anak-anak sekarang sekolah daring,” kata anggota Dewan Pembina Partai Gerindra ini.

Khusus untuk Sisawah, sebut Andre, dia telah menyerahkan surat permintaan sinyal itu kepada Direktur Network Telkomlsel Hendri Mulia Syam. “Kami langsung komunikasi dengan pak Hendri dan beliau sudah menyanggupi. Mereka akan segera memasang BTS sementara, dan segera membangun tower permanen untuk membuka terisoliran Sisawah. Mungkin dalam dua-tiga bulan ini,” kata Andre yang langsung diajak Wali Nagari dan warga meninjau lahan yang sudah ditetapkan nagari untuk pembangunan tower permanen nantinya.

Sementara untuk pelebaran jalan sepanjang 5,3 KM yang bisa menyambungkan Sisawah-Tanjung Ampalu, Andre meminta itu dapat diselesaikan oleh Bupati terpilih asal Gerindra nantinya.”Kami ini ketua DPD Gerindra Sumbar. Khusus jalan itu tugasnya Pemkab Sijunjung. Kalau kader Gerindra menang, ini akan jadi prioritas. Karena tidak terlalu Panjang dan bisa dibangun segera, apalagi sekarang sudah dilalui sepeda motor,” katanya.

Andre juga diminta membantu sejumlah infrastruktur, baik rumah adat, fasilitas wisata dan juga lapangan sepakbola di nigari itu. “Saya orang Tanjung Ampalu Sijunjung, tak akan bohong. Ini komitmen Gerindra. Mohon disiapkan proposalnya, kami akan coba bantu satu per satu selama menjadi anggota DPR ini. Selain itu untuk diselesaikan Bupati dari Gerindra nantinya,” kata Andre yang mendapatkan sebuah puisi penghargaan dari Komunitas Sijunjung Mencari Fakta Afriyanto.

Afriyanto menyebut, Andre memberikan harapan untuk Sisawah. “Kami tak takut mati, kami bela Sijunjung, kami orang miskin, peduli Sijunjung, kami akan terdepan runtuhkan dinasti. Saya suka Andre Rosiade, saya telusuri terus soal Andre. Pak Andre, kami siap membantu pak Andre membuka keterisoliran ini,” katanya.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved