arrow_upward

Plt. Walikota Padang Imbau Warga agar Selalu Implementasikan Nilai-nilai Pancasila

Thursday, 1 October 2020 : 18:13

 

Plt. Walikota Padang Hendri Septa bersama unsur Forkopimda saat memperingati Hari Kesaktian Pancasila secara virtual yang dipimpin Presiden Joko Widodo dari Monumen Pancasila Sakti, Jakarta. (humas).

Padang, AnalisaKini.id- Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Padang Hendri Septa memimpin jajaran Pemko mengikuti kegiatan peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara nasional, Kamis (1/10/2020) pagi.

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan dipimpin Presiden Joko Widodo dari Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur. Kegiatan tersebut diikuti kepala daerah se-Indonesia serta pejabat publik dan unsur tekait lainnya.

Sementara Plt Wako Hendri Septa sendiri mengikutinya dari Gedung Putih Rumah Dinas Walikota. Selain diikuti Sekda Amasrul dan para pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang, juga dihadiri unsur Forkopimda serta unsur terkait lainnya.

Seperti diketahui, pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini memang dihelat secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu diakibatkan efek pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap kegiatan dianjurkan menghindari keramaian atau 'social distancing' sesuai protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Presiden Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa pesan. Di antaranya perihal tantangan bangsa pada Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada hari ini. Jokowi mengatakan setiap era selalu memiliki tantangan tersendiri.

Jokowi juga mengatakan, bagi bangsa Indonesia, tantangan datang dalam berbagai bentuk dari zaman kemerdekaan hingga pada masa pembangunan. Salah satu tantangan itu, kata dia, juga datang di zaman sekarang, yakni berupa wabah pandemi Covid-19.

"Bagi bangsa Indonesia, tantangan dan ujian dalam berbagai bentuk kita hadapi di zaman kemerdekaan, di masa pembangunan, pada era globalisasi, dan sekarang. Negara kita kali ini ditantang dengan ujian yang tak alang-kepalang yakni pandemi Covid-19," tuturnya.

Menurut Jokowi lagi, tantangan-tantangan yang ada selalu bisa dihadapi bangsa Indonesia. Hal itu, kata dia, berkat persatuan dan kesatuan yang dipandu ideologi Pancasila.

"Semua tantangan itu selalu dapat kita lewati dan kita menangi berkat kekuatan yang nyata, yaitu persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu ideologi Pancasila. Mari kita jaga Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara kita. Hal-hal yang dapat mengganggu keutuhannya harus kita cegah sedini mungkin," ujar Jokowi menyerukan.

Sementara itu, usai kegiatan, Plt. Wako Hendri Septa menyampaikan, atas nama Pemko dan warga kota mengucapkan selamat kembali memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun ini. 

Hendri pun mengajak agar peringatan Hari Kesaktian Pancasila diharapkan tetap dijadikan momentum untuk lebih mendalami makna dan nilai-nilai Pancasila terutama bagi generasi muda. 

Di samping itu, kepada seluruh warga kota diharapkan bisa memetik hikmah dari peristiwa sejarah kelam bangsa Indonesia di masa lalu seperti adanya G30S/PKI yang tidak dibenarkan di negara ini.

"Mari kita maknai nilai-nilai yang terkandung dari peristiwa bersejarah itu sebagai sumber kekuatan dan energi untuk membangun jati diri bangsa serta mendorong agar dilakukan perubahan lebih baik lagi ke depan. Untuk itu kita wajib mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan kita bernegara," ujarnya. (***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved