arrow_upward

Hindari Kerumunan, Toko Mitra Tani Sumbar Gandeng Ojol dalam Pemesanan Bahan Pangan

Friday, 23 October 2020 : 16:16

 



Kepala Dinas Pangan Sumbar Efendi bersama Branch Manager Gojek Area Padang, Septian dan para ojol saat dimulainya kerja sama dalam pemesanan bahan pangan di Toko Mitra Tani serta masyarakat (givo).

Padang, AnalisaKini.id- Dalam rangka memberi kemudahan dan menerapkan protokol Covid-19, Dinas Pangan Sumatera Barat (Sumbar) menggandeng ojek online (Ojol) Gojek dalam transaksi pemesanan bahan pangan di toko mitra tani.

Kepala Dinas Pangan Sumbar Efendi mengatakan, melalui layanan GoFood, pelanggan kini bisa membeli bahan makanan pokok di lokasi Toko Mitra Tani dengan gratis ongkos kirim. Konsumen bisa memilih berbagai jenis bahan pangan yang ada dalam Toko Mitra Tani atau Toko Tani INdonesia Center (TTIC) Sumbar lalu akan diantarkan ke lokasi pemesan.

“Biaya pengantaran belanja di Mitra Tani/TTIC Sumbar gratis hingga Rp30 ribu untuk minimum pembelian Rp50 ribu,” kata Effendi dalam peluncuran kerja sama Toko Mitra Tani (TTIC Sumbar) dengan Gojek di Toko Mitra Tani, Padang, Rabu (20/10/2020).

Lantaran aplikasinya sedang proses on boarding, kemungkinan dalam minggu ini tuntas, maka masyarakat bisa memesan via WhatsApp 0882-7123-8725 yang sudah berlangsung selama ini. Pemesanan setiap jam kerja Senin sampai Jumat dan pemesanan mulai pukul 09.00 s.d 22.00 WIB dan pengantarannya mulai 09.00 sampai selesai.

Dengan kata lain, setelah proses selesai, pemesanan bahan pangan via Gojek bisa dilakukan dan pemesanan secara online via WhatsAPP yang selama ini berlangsung tetap jalan.

Disebutkan Efendi, kerja sama tersebut merupakan fungsi dari ketahanan pangan, yakni memastikan stabilitas harga pangan, ketersediaan stok, hingga akses pangan yang terjangkau bagi masyarakat. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, kualitas pangan yang baik dan kemudahan mendapatkan bahan pangan jadi sangat penting.

"Masyarakat tetap bisa membeli bahan pangan tanpa harus datang ke pasar. Harganya harga distributor. Gratis ongkos kirim. Kecuali kalau ongkos kirimnya lebih dari Rp30 ribu, lebihnya yang nanggung pembeli," kata dia.

Menurut Efendi, pengiriman melalui gojek merupakan strategi memanfaatkan teknologi dan informasi untuk memenuhi adaptasi kebiasan baru. Selain untuk mengantisipasi distribusi pangan dan mendukung kebijakan pemerintah terkait social distancing, kerja sama ini juga bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan penghasilan tambahan bagi driver ojek online di Sumbar.

“Peran Gojek sebagai penyedia layanan transaksi digital terdepan jadi sebuah kontribusi penting bagi masyarakat saat ini, untuk membuka akses bagi semua orang terhadap bahan pangan sekaligus akses bagi pebisnis ke pasar,” jelasnya.

Para ojol dan pengnnjung saat kerja sama Dinas Pangan Sumbar dengan Gojek dimulai dalam pemesanan bahan pangan. (givo).

Branch Manager Gojek Area Padang, Septian menilai kolaborasi Gojek dengan pemerintah dalam mengakses bahan-bahan pangan berkualitas tersebut menjadi sebuah langkah strategis terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Kerja sama dengan Toko Mitra Tani/TTIC Sumbar ini tidak hanya membuka askses pasar bagi mitra-mitra toko tani/TTIC untuk memperkuat UMKM melalui perputaran roda perekonomian, tapi juga memberi dukungan pada program pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19 melalui layanan belanja daring yang tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Acara yang dihadiri beberapa stakeholder dan OPD terkait termasuk beberapa masyarakat dan beberapa driver gojek ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Masuk ke lokasi, wajib pakai masker, cuci tangan dengan sabun dan cek suhu tubuh. (***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved