arrow_upward

Dua Kali Gagal Jadi Wagub, Ahmad Syaikhu Kini Jadi Presiden PKS

Senin, 05 Oktober 2020 : 15.03

 

Ahmad Syaikhu.

Jakarta, AnalisaKini.id-Ahmad Syaiku resmi menjadi Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Syaikhu terpilih menggantikan Sohibul Iman melalui sidang Musyawarah Majelis Syura PKS.

Jejak politik Syaikhu cukup berliku. Sebelum ditunjuk sebagai Presiden PKS pada hari ini, Senin (5/10/2020), Politikus PKS itu pernah dua kali gagal menjadi wakil gubernur.

Kegagalan pertama saat ia maju calon Wakil Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2018 lalu. Syaikhu kala itu maju mendampingi Mayjen Purnawirawan Sudrajat yang diusung Partai PKS dan Gerindra.

Saat itu, ada 4 calon gubernur dan wakil gubernur yang maju di Pilgub Jabar 2018. Di antaranya, Ridwan Kamil-Uu Ruhzanul Ulum, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan, Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Dikutip dari detik.com, Syaikhu bersama Sudrajat pun harus menelan pil kekalahan. Keduanya hanya memperoleh 6.317.465 suara atau setara dengan hitungan 28,74 persen. Jumlah itu selisih 4,14 persen dari Ridwan Kamil dan Uu yang mengantongi 7.226.254 suara atau 32,88 persen.

Tahun 2019, Syaikhu kembali menelan pil pahit lantaran gagal menjadi calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. Namanya dicoret dari daftar calon pendamping Anies Baswedan di DKI Jakarta.

Soalnya, kala itu pemilihan Wagub DKI menghadapi jalan buntu di DPRD DKI Jakarta hingga berlarut-larut. Dua nama yang diusulkan Gerindra dan PKS untuk mengisi kekosongan kursi Wagub yang ditinggalkan Sandiaga Uno, yakni Syaikhu dan Agung Yulianto mendapat penolakan dari DPRD DKI.

Alhasil, surat rekomendasi untuk keduanya pun dicabut. Dua nama baru Cawagub DKI, yakni Nurmansyah Lubis dan Ahmad Riza Patria - yang kini Wagub DKI -pun kemudian disetorkan.

Jauh sebelum mencoba peruntungan kursi kedua Jawa Barat dan DKI Jakarta, Syaikhu pernah menjadi anggota DPRD Kota Bekasi periode 2004-2009 dan anggota DPRD Jawa Barat pada 2009-2013.

Pada 2013, Syaikhu berhasil duduk menjadi Wakil Walikota Bekasi. Dia menjabat sebagai Wawako Bekasi pada 2013-2018. Pada 2019, Syaikhu pun ikut dalam perhelatan Pileg dan berhasil melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR periode 2019-2024.

Sebelumnya, PKS resmi mengumumkan susunan kepengurusan baru masa khidmat 2020-2025. Habib Salim Segaf Aljufrie terpilih lagi sebagai Ketua Majelis Syura (MS) PKS, sedangkan Ahmad Syaikhu ditunjuk sebagai Presiden PKS menggantikan Mohamad Sohibul Iman.

Proses pemilihan Pengurus PKS masa bakti 2020-2025 berlangsung pada sidang Musyawarah Majelis Syura PKS di Bandung, Senin (5/10/2020). Selain Ahmad Syaikhu jadi Presiden PKS, PKS juga menunjuk Habib Aboe Bakar Alhabsyi sebagai Sekertaris Jendral menggantikan Mustafa Kamal.

"Alhamdulillah Sidang Musyawarah Majelis Syura berjalan dengan lancar. Para anggota Majelis Syura PKS yang hadir telah melaksanakan kewajiban syuranya secara baik dan memilih kader-kadernya untuk penugasan menjayakan partai di 5 tahun ke depan," kata Habib Salim dalam pidato sambutannya sesaat setelah ditetapkan sebagai ketua Majelis Syura. (***)



 


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved