arrow_upward

Diperjuangkan Nurfirmanwansyah, 370 Kaum Perempuan di Solsel Terima Bantuan Usaha Program WRSE

Monday, 5 October 2020 : 09:47
Ketua Fraksi PKS DPRD Sumbar, H. Nurfirmanwansyah menyerahkan bantua usaha ekonomi produktif kepada wanita rawan sosial ekonomi di Kecamatan KPGD, Solsel. (ist).

Solsel, AnalisaKini.id -Sebanyak 370 kaum perempuan di Solok Selatan menerima bantuan Usaha Ekonomi Produktif Wanita Rawan Sosial Ekonomi (UEP-WRSE). Bantuan dari Dinas Sosial Sumbar itu merupakan buah pokok pokok pikiran (Pokir) dari Ketua Fraksi PKS DPRD Sumbar, H. Nurfirmanwansyah.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), secara bertahap mulai Minggu (4/10) sampai Selasa (6/10) mendatang, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker dan jaga jarak.

"Program UEP WRSE yang diserahkan ini merupakan penanganan terhadap para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang sudah menjadi salah satu program prioritas pemerintahm," kata mantan Wakil Bupati Solsel periode 2005-2010 ini.

Kriteria penerima bantuan UEP WRSE, sebut Nurfirmanwansyah adalah perempuan berusia 18 sampai 45 tahun yang ditinggal suami, mengalami konflik rumah tangga, kepala keluarga tunggal, dan sebagainya.

Data-data penerima didapatkan berdasarkan pada BDT di Dinas Sosial. Disadari pula, belum semua bisa mendapatkan bantuan ini karena keterbatasan anggaran di provinsi.

Dikatakannya, masing-masing penerima manfaat program menerima bantuan senilai Rp3 jutaan, dalam bentuk perlengkapan pertanian, peralatan perlengkapan usaha serta bahan bahan, bukan uang. 

Bentuk bantuannya macam-macam yang terdiri empat paket. Paket A yang berusaha jual gorengan, maka diberikan kompor gas dua tungku-regulator, tabung gas 3 kg, tepung beras rose bran 4 dus, tepung terigu 25 kg sebanyak dua karung, kuali da minyak goreng 2 dus.

Untuk paket B yang bergerak di sektor minuman jus, barang yang diberikan berupa etalase makanan, blender, gula pasir 10 kg dan susu kaleng 500 gram sebanyak 15 kaleng.

Sedangkan paket C minuman kaleng, dengan rincian barang yang diberikan seperti kulkas 1 pintu sebanyak 1 unit, minuman kaleng 250 ml 4 dus dan minuman mineral botol 600 ml 4 dus.

Paket D berupa barang kebutuhan harian, dengan rincian, gula pasir 30 kg, minyak goreng kemasan 2 liter sebanyak 5 dus, tepung terigu 2 karung, mie instan kuah 4 dus, dan mie instan goreng 4 dus.

Paket E untuk kebutuhan pertanian, rinciannya, pupuk Urea 50 kg sebanyak 4 karung, alat semprot hama 1 unit, racun rumput 4 tabung dan gerobak dorong besi satu unit.

"Tapi dengan bantuan yang terbatas ini supaya ibu-ibu bisa memanfaatkan secara maksimal untuk membantu meningkatkan pendapatan ibu-ibu. Mohon doa ibu-ibu supaya bisa program ini dapat membantu yang lain yg masih membutuhkan," kata Anggota Komisi II DPRD Sumbar ini.

Nurfirmanwansyah berharap, bantuan UEP WRSE yang diserahkan itu dapat membantu penerima lebih menjadi lebih mandiri, sehingga upaya pengentasan kemiskinan di Sumatera Barat khusunya di Solsel dapat terwujud.

"Harapan saya, bantuan dari Pemerintah Provinsi ini dimanfaatkan sebaik mungkin, sehingga berdaya guna membantu ekonomi keluarga ibu-ibu di rumah dan ke depan akan terus diupayakan," imbuhnya. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved