arrow_upward

Koalisi Poros Baru Buka Pendaftaran Pilgub Sumbar

Senin, 03 Agustus 2020 : 17.26
Koalisi poros baru yang dibentuk oleh tiga parpol, Partai Golkar, Partai NasDem dan PKB memberikan keterangan pers dan siap membuka pendaftaran Cagub. (ist)
Padang, AnalisaKini.id - Koalisi Poros Baru yang terdiri dari gabungan tiga partai politik (parpol) membuka peluang bagi tokoh-tokoh Sumbar yang berminat maju di Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumbar dalam Pilkada serentak 2020.

Ketiga pimpinan parpol itu masing-masing Partai Golkar, Partai NasDem dan PKB, menyatakan terbentuknya koalisi ini sesuai perintah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai masing-masing guna mencari pemimpin yabg tepat untuk pembangunan Sumbar yang lebih baik.

Ketua PKB Sumbar, H. Febby Dt. Bangso dalam keterangan persnya menyebutkan, poros baru ini hadir untuk memberi kesempatan pada tokoh terbaik Sumbar yang berminat maju di Pilkada Sumbar. Poros baru memberikan peluang bagi tokoh tersebut untuk tampil.

Pertemuan yang dipandu Afrizal sekaligus Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD Partai Golkar Sumbar, ikut  hadir Desra Ediwan (Sekretaris DPD Partai Golkar Sumbar), Musmaizer Dt. Gamuak (Sekretaris DPW Partai NasDem Sumbar), Erick Hariyona (Bendahara DPD Partai
Golkar Sumbar), Yulman Hadi (Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sumbar) dan Sabam Hadianto (Wakil Ketua DPW PKB Sumbar) serta sejumlah pengurus ketiga partai tersebut.

Febby menjelaskan koalisi ini sangat terbuka. Bagi partai lain yang berkeinginan untuk bergabung, peluang masih terbuka.

“Politik itu dinamis. Bisa saja partai partai yang hari ini dikatakan sudah mempunyai calon, tapi dalam last minute terjadi perubahan dan bergabung dengan koalisi ini. Kita akan selalu wellcome, hingga batas akhir pendaftaran calon ke KPU Sumbar,” ungkap Febby.

Ditambahkan Desra Ediwan, sejauh ini masih ada tokoh-tokoh terbaik yang ingin mengabdi untuk Sumbar, namun peluangnya tetutup di partai lain. Maka, tiga partai di poros baru dengan 14 kursi di DPRD akan memberi kesempatan pada tokoh tersebut untuk diusung sebagai cagub/cawagub.

“Mekanisme penentuan pasangan calon yang akan diusung oleh poros baru ini, tentu melihat kualitas dan popularitasnya. Dan itu akan kita tentukan lewat survei. Hasil survei lah nantinya yang akan menentukan siapa yang akan kita majukan sebagai pasangan cagub/cawagub Sumbar di Pilkasa Desember 2020,” ungkap Desra.

Terkait dengan persetujuan DPP masing-masing partai terhadap paslon yang ditetapkan koalisi ini nantinya, Sekretaris Partai NasDem Sumbar, Musmaizer Dt. Gamuak menegaskan, soal itu tak ada masalah.

Soalnya, DPP Partai NasDem telah memberikan mandat pada DPW Partai NasDem untuk menentukan sendiri siapa cagub/cawagub yang akan diusung nantinya. DPP sifatnya hanya menyetujui keputusan yang telah diambil DPW NasDem Sumbar.

Kapan para bakal calon bisa mendaftar, Afrizal menambahkan dalam satu dua hari ini tim koalisi akan merancang berbagai persiapan. “Kita perkirakan, Kamis depan, sudah kita mulai pendaftaran bakal calon. Pendaftaran kita pusatkan di sekretariat bersama di Hotel Kryad Bumiminang Padang.
Silahkan bagi yang berminat tampil di pilkada mendatang. Pintu sekretariat akan selaku terbuka,” jelasnya. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved