arrow_upward

Anggota DPR Minta KPU dan Bawaslu Pastikan Pilkada Berjalan Aman

Wednesday, 26 August 2020 : 21:07
Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus, Mendagri Tito Karnavian, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan pejabat lainnya dalam rapat koordinasi kesiapan pilkada serentak 2020 di Padang. (ist)
Padang, AnalisaKini.id - Provinsi Sumatera Barat menyatakan telah siap melaksanakan Pilkada 9 Desember 2020. Berangkat dari ini, anggota Komisi II DPR, Guspardi Gaus meminta KPU dan Bawaslu se Sumatera Barat memastikan Pilkada yang akan berlangsung di tengah pandemi nanti bisa berjalan aman, lancar, tanpa adanya petugas atau masyarakat yang terpapar oleh Covid-19.

Hal ini disampaikan Guspardi saat menghadiri rapat koordinasi kesiapan pilkada serentak 2020 dan pengarahan kepada satgas Covid-19 di Provinsi Sumbar bersama Menteri Dalam Negeri di Hotel Inna Muara, Padang, Selasa (26/8/2020).

Legislator dapil Sumbar 2 ini pun menuturkan, Pilkada 9 Desember 2020 merupakan putusan final yang telah disepakati antara pemerintah dan DPR. Hal ini diatur dalam Perppu Nomor 2 Tahun 2020.

Menurut dia, alasan pemerintah tidak mengundur Pilkada serentak 2020 adalah, karena dari 45 negara yang melaksanakan pemilu di tahun ini, tak satupun yang menunda Pilkada mereka menjadi 2021.

"Dasar pemikirannya adalah, karena tak ada yang bisa memastikan dan memprediksi Covid-19 ini akan berakhir 2020 sehingga pemerintah dan semua fraksi di DPR sepakat Pilkada ini tetap dilaksanakan 9 Desember 2020," ungkap Guspardi.

Oleh karena itu, Komisi II DPR meminta pada KPU dan Bawaslu se Sumatera Barat dalam melaksanakan Pilkada 9 Desember nanti untuk bisa mematuhi protokoler kesehatan dan memastikan semua berjalan aman, tanpa adanya penyelenggara atau pemilih yang terpapar.

Senada, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, berharap momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tak menjadi media penularan Covid-19. Ia ingin menjadikan Pilkada menjadi gelombang untuk memobilisasi masyarakat menjadi agen perlawanan Covid-19.
Lebih lanjut Tito menuturkan pandemi Covid-19 merupakan masalah global yang membutuhkan penanganan secara serentak dan menyeluruh.

“Perlu keserentakan dan kesungguhan, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/ kota. Artinya butuh dukungan dari semua jajaran pemerintahan,” tuturnya.

Mendagri juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Sumbar beserta jajaran atas berbagai upaya sistematis yang telah dilakukan dalam memerangi Covid-19 di Ranah Minang. Diakui strategi penanganan Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat telah berada pada jalur yang tepat alias on the track.

Sementara Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menuturkan kesiapannya dalam menyongsong penyelenggaraan pesta demokrasi, pilkada serentak. “Alhamdulillah, berjalan sesuai dengan tahapan yang telah diputuskan, InsyaAllah Sumbar siap menggelar pilkada serentak dimasa Covid-19 ini,” ucapnya. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved