arrow_upward

Protokol Haji 2020, Jemaah Dilarang Sentuh Ka'bah

Senin, 06 Juli 2020 : 11.22

Ka'bah.
Jakarta, AnalisaKini.id- Pemerintah Arab Saudi, Senin (6/7/2020), mengumumkan protokol kesehatan terbaru untuk mencegah penyebaran virus Corona di musim haji 2020 dengan melarang berkumpul dan pertemuan antar jemaah.

Arab Saudi sebelumnya memutuskan pada Juni lalu untuk membatasi jumlah jemaah calon haji domestik yang menghadiri haji menjadi hanya sekitar 1.000 orang.

Tujuannya adalah untuk mencegah penyebaran  virus Corona. Pemerintah juga melarang umat muslim di luar negeri datang menyelenggarakan ibadah haji untuk pertama kali di zaman modern ini.

Menyentuh Ka'bah, situs paling suci dalam Islam, dilarang selama haji 2020. Adapun jarak sosial antarjemaah calon haji sejauh satu setengah meter.

Jarak itu berlaku juga saat ritual tawaf di sekeliling Kakbah, menurut pernyataan  Pusat Pengendalian Wabah dan Pencegahan Penyakit (CDC) Arab Saudi seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Senin (6/7/2020).

Akses ke situs-situs suci di Mina, Muzdalifah, dan Arafah akan terbatas pada mereka yang memiliki izin haji mulai hari Minggu, 19 Juli hingga 2 Agustus 2020.

Setiap jemaah juga wajib mengenakan masker pada setiap kegiatan ibadah.

Seperti diwartakan bisnis.com, Kerajaan Arab Saudi mencatat  58 pasien Covid-19 yang  meninggal dunia sehari terakhir hingga kemarin. Sehari sebelumnya  tercatat 56 warga yang  meninggal akibat wabaah Covid-19 tersebut.

Dengan demikian  jumlah pasien Covid-19 Arab Saudi yang meninggal dunia hingga kini  1.916 orang.(***)
Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved