arrow_upward

Pilkada Tanah Datar : Zuldafri, Betty dan Eka Berpacu, Siapa Unggul?

Thursday, 2 July 2020 : 10:47
Muhammad Nur Idris Sati Bagindo.
Oleh : Muhammad Nur Idris Sati Bagindo

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Luhak Nan Tuo Tanah Datar pada 9 Desember 2020, dipastikan menarik untuk diikuti.

Setidaknya ada dua alasan; Pertama, petahana Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dipastikan tidak ikut bertarung lagi karena mundur dengan alasan kesehatan. Kedua, ada politisi perempuan Betty Shadiq yang maju bertarung di pilkada serentak 2020 di Tanah Datar.

Sebelum pandemic Covid-19, cukup banyak nama-nama figur yang selama ini muncul. Baik yang sudah dikenal di kampung halaman maupun muncul sebagai figur dari rantau. Apalagi setelah petahana mundur, figur yang awalnya muncul lewat alat peraga saja, kini mulai melakukan pendekatan diri ke partai politik (parpol). Siapa saja yang akan diusung parpol?.

Melihat persyaratan mengajukan pasangan calon pilkada di Tanah Datar, maka parpol pengusung harus mencapai 20 persen suara atau mempunyai minimal 7 kursi dari 35 kursi di DPRD Tanah Datar.

Melihat hasil Pileg 2019 maka jumlah perolehan kursi parpol di DPRD Tanah Datar; Gerindra (6 kursi), PKS (5 kursi), Golkar (4 kursi), PAN (4 kursi), Demokrat (4 kursi), PPP (4 kursi), NasDem (3 kursi), Hanura (3 kursi), PDI Perjuangan (2 kursi). Dengan hasil ini maka tidak ada satu pun parpol di Tanah Datar yang bisa mengusung sendiri.

Sejauh ini, sudah mulai ada figur calon yang diampungkan oleh parpol baik orang nomor satu maupun orang nomor dua. Karena sudah ada proses seleksi di parpol, nama-nama yang mengapung sudah mulai mengerucut dan sudah ada kalangan petinggi parpol yang membocorkannya.

PKS dikabarkan mengusung Sultani (mantan Anggota DPRD Propinsi), Golkar dipastikan mengusung Zuldafri Dharma (petahana Wakil Bupati), PPP dikabarkan memajukan Betty Shadiq Pasadigoe (mantan Anggota DPR-RI), Demokrat mengajukan Eka Putra (Wabedum DPP Demokrat).

PAN dikabarkan mulai mengerucut namun masih menyisakan 3 nama yakni Betty Shadiq Pasadigoe, Buchari DT. Tuo dan Irman. Gerindra dikabarkan masih mengusung ketuanya Edi Arman. Sementara NasDem, Hanura, PDI Perjuangan belum terdengar secara terbuka menyebutkan siapa calon yang diusung atau menunggu survey.

Nama-nama figur calon yang lain saat ini terus mengapung seperti; Refdi Meri Syarief (Ketua Gerindra Padang Panjang, Jon Enardi (Pengusaha), Ryan Diovella (Pengusaha), Maswardi (Ketua BKMT Tanah Datar), Syafrudin Dt. Panduko Rajo (Pensiunan ASN), Indra Gunalan (Pengusaha).

Seterusnya, Wahyu Irama Putra (mantan anggota DPRD Kota Padang), Asrul Nur Hasan (mantan Ketua DPRD Tanah Datar) dan Editiawarman Dt. Tan Mudo (sekretaris KPU Padang Panjang), Basri Latief (mantan anggota DPRD Payakumbuh), kesemuanya sampai saat belum terdengar secara terbuka parpol apa yang akan mengusung.

Menarik saat ini, sudah ada kalangan petinggi parpol yang membocorkan pasangan yang akan diusung. Golkar dan PKS dikabarkan mengusung Zuldafri Dharma dan Sultani sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati. PPP walau hanya punya 4 kursi sudah mengumumkan Betty Shadiq Pasadigoe dan Ediatiawarman sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati.

Disisi lain saat ini, sebenarnya sudah mulai mensosialisakan diri ke masyarakat pasangan Ryan Deovella dan Buya Maswardi, kedua pasangan ini bermain di daerah kecamatan Batipuh X Koto. Namun belum terdengar dengan kendaraan parpol mana mereka akan berangkat.

Banyak kalangan di Luhak Nan Tuo menyebutkan bahwa yang paling kuat bertarung di Pilkada Tanah Datar itu hanya tiga nama yakni; Zuldafri Dharma (petahana Wakil Bupati), Betty Shadiq Pasadigoe (mantan anggota DPR-RI) dan Eka Putra (Pengusaha/Wabedum DPP Demokrat).

Kabarnya lembaga survey seperti Liberte Institute dan Survey Arah Baru yang sudah melakukan survey Pilkada Tanah Datar, konon sudah menyebut nama ketiga tokoh ini yang berpotensi untuk bertarung di laga Pilkada Tanah Datar 2020.

Bagi Penulis kalau hanya memprediksi tiga calon ini saja yang maju, akan menarik mengikutinya. Ketiganya punya khans akan bisa mewakili daerah pemilihan yang besar di Tanah Datar untuk memperbutkan lebih kurang 290.609 suara pemilih yang tersebar di 14 kecamatan.

Penulis mencoba merepresentasikan Zuldafri Dharma berada di wilayah Tanah Datar bagian Rambatan, Batipuh, Batipuh Selatan, dan Pariangan ada sekitar 78 ribu pemilih. Sementara Betty Shadiq penulis letakan untuk daerah Sungai Tarab, Salimpauang, Tanjung Baru dan Sungayang ada sekitar 64 ribu pemilih.

Terakhir Eka Putra direpresentasikan berada di wilayah Linta Buo, Lintau Buo Utara ada sekitar 40 ribu pemilih. Tinggal lagi memperebutkan suara pemilih di X Koto sekitar 29 ribu pemilih, Lima Kaum sekitar 26 ribu pemilih dan Padang Ganting digabung Tanjung Emas sekitar 40 ribu pemilih.

Ini kan hanya prediksi Penulis saja, bisa saja mempresentasikan calon berdasarkan wilayah ini belum tentu menguntungkan calon. Bagi penulis disamping wilayah maka kemampuan dan kerja parpol pengusung juga sangat menentukan. Termasuk yang point penting siapa yang mendampingi ketiga calon Bupati ini yang akan dipilih sebagai Wakil Bupatinya. Karena itu, siapa yang unggul dalam Pilkada Tanah Datar 2020?. Wallahu A’lam Bishwab !!!.


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved