arrow_upward

Nasrul Abit : Puyu Ikan Klasik, Rasanya Gurih, Cobalah

Rabu, 01 Juli 2020 : 12.26
Ini ikan puyu.
Padang, AnalisaKini.id- Ikan Puyu (papuyu) sangat diminati oleh masyarakat Padang sebagai khas kuliner gurih dan enak. Selain identik dengan duri yang tajam, namun rasanya enak dan garing kalau digoreng.

"Cobalah, pasti akan kepengen lagi," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat menyerahkan bantuan restocking bibit ikan puyu, nila, nilem dan tawes sebanyak 12.000 ekor.

Ikan-ikan itu ditebarkan untuk pelestarian sumbar daya ikan dan memenuhi kebutuhan ikan bagi masyarakat di perairan Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji, Padang, Selasa (30/6/2020).

Nasrul Abit mengatakan, saat ini keberadaan ikan puyu sangat sedikit. Dulu di masa lalu tahun 1970 sangat banyak di setiap kali dan rawa pasti ada ikan puyu.

Untuk menjaga kelestarian ikan puyu ini Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar melakukan pembenihan agar ikan ini tetap memenuhi selera kuliner masakan Padang yang saat cukup populer di Padang.

"Untuk itu, marilah kita jaga kelestarian ikan puyu ini. Dengan menjaga kebersihan sungai, kali selokan dari sampah. Dan ini dapat menjadi salah satu ketahanan pangan masyarakat kita dimasa pandemi covid 19," ucap Nasrul Abit.

Wagub Sumbar Nasrul Abit menebarkan benih ikan. (humas)
Menurut Nasrul Abit, mengonsumsi ikan bagi masyarakat ini sangat penting. protein ikan mengandung gizi tinggi untuk mencegah gizi buruk dan kekerdilan pada anak (stunting).

"Saya memang suka makan ikan, apalagi ikan puyu. Dari kecil saya sudah makan ikan puyu, makanya saya bisa jadi Wakil Gubernur saat ini," ungkapnya.

Kalau ingin jadi pemimpin, harus banyak makan ikan. Untuk itu Wagub imbau masyarakat untuk gemar makan ikan.

Dia meminta agar masyarakat memahami, sumber protein tidak hanya pada daging, namun justru ikan merupakan sumber protein yang menjadi kekayaan yang melimpah.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Yosmeri juga melakukan restocking atau penebaran bibit ikan di irigasi Bandar Kuranji. Yosmeri mengatakan bantuan bibit ikan ini diharapkan dapat menambah populasi ikan di Kuranji, sekaligus upaya kita melestarikan jenis ikan puyu ini.

"Hal ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov Sumbar dan upaya untuk memenuhi konsumsi ikan masyarakat Kuranji. Silahkan masyarakat ambil ikannya, tapi jangan menggunakan racun ataupun disentrum,"ujar Yosmeri.

Selain itu, Ketua LPM Kelurahan Kalumbuk Anwar, yang merupakan pensiunan Kolonel Angkatan Laut sangat apresiasi kegiatan Pemprov Sumbar. Soalnya setiap panen ikan hasilnya selalu untuk pembangunan masjid. Panjangnya aliran irigasi ini ada sekitar 700 meter. Setiap panen hasilnya disumbangkan ke masjid untuk pembangunannya.

"Semoga dalam bantuan ini bisa menjadi manfaat bagi warga kami disini. Terima kasih Wagub Nasrul Abit dan Yosmeri atas pedulinya terhadap warga Kuranji," tambahnya. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved