arrow_upward

Ketum Relawan Jokowi yang Urang Awak itu Bakal Masuk Kabinet

Sunday, 5 July 2020 : 00:07


Pakar hukum dan politik Unas , Syaiful Anam.
Jakarta, AnalisaKini.id-Bocoran calon menteri baru untuk masuk ke Kabinet Indonesia Maju sudah mulai mencuat ke publik.

Salah seorang Pakar Hukum dan Politik Universitas Nasional (Unas) Jakarta Saiful Anam mengaku telah mendapat bocoran dari pihak istana mengenai satu sosok yang akan masuk kabinet.

"Salah satunya adalah Ketua umum Relawan Jokowi atau ReJO HM Darmizal. Namun, sumber itu tidak mau menyebutkan mau jadi menteri apa," ungkap Saiful Anam dalam siaran persnya seperti dikutip dari rmol.com, Sabtu (4/7).

Secara pribadi, Saiful memandang Darmizal sebagai seorang yang pantas menduduki kursi salah satu kementerian. Karena menurutnya, sosok tersebut berasal dari kalangan masyarakat yang paling bawah, pandai bergaul dan sarat akan pengalaman.

"Jadi, sangat pantas untuk menduduki kursi menteri Sosial ataupun menteri UMKM. Dia ulet, terampil dan mapan. Jadi, saya yakin Darmizal tidak akan silau oleh uang negara," menurutnya.

Keyakinan Saiful semakin kuat ketika melihat kerja-kerja Darmizal saat Pemilu Presiden 2019 silam. Di mana menurutnya, Tim Relawan Jokowi (ReJo) tidak memungut sepeser pun biaya politik.

"Apalagi saat kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin, saya mendapat kabar jika ReJO tidak menerima sama sekali dana kampanye dari tim kampanye nasional (TKN), dan konon sampai saat ini masih rajin blusukan berbagi sembako kepada warga yang terdampak Covid-19," ucapnya.

Berdasarkan bocoran ini pun Saiful berharap kepada Presiden untuk bisa merealisasikan reshuffle kabinet secara cepat. Tapi ia tetap memberi masukan, bahwa untuk orang-orang yang akan dipilih untuk diseleksi dengan sangat hati-hati.

"Ini kan periode terakhir Jokowi menjadi presiden. Tentu dia berkeinginan meninggalkan legacy yang bagus pada seluruh rakyat Indonesia. Jangan sampai kesempatan ini disia-siakan oleh Jokowi," harap Saiful.

Dia berharap kangan sampai Jokowi salah pilih menteri. Justru akan memberatkan dirinya sendiri dikahir jabatan.

Darmizal adalah putra Minang
asal Sulit Air, Kabupaten Solok.  Jelang pengumuman menteri pada Kabinet Indonesia Maju, namanya sempat disebut-sebut masuk kabinet, tapi gagal.

Meski begitu, dia tidak merasa kecewa karena dirinya tidak masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju.

ReJO pasti mendukung penuh  keputusan Jokowi soal penyusuan kabinet itu. Karena, beliau pemilik hak prerogatif dan keputusan tersebut tentu sudah melalui berbagai pertimbangan yang matang," kata Darmizal sembari mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin ketika itu. (***)
Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved