arrow_upward

168 Aparat di Agam Dukung Calon Perseorangan dalam Pilkada 2020

Thursday, 16 July 2020 : 18:53
Ilustrasi surat suara Pilkada. 
Jakarta, AnalisaKini.id-Hari Sebanyak 168 aparat yang terdiri dari aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri dan penyelenggara pemilu diduga mendukung calon perseorangan bupati dan gubernur di Pemilihan Kepala Daerah  Sumatera Barat (Pilkada Sumbar) 2020.

Ketua Bawaslu Agam Elvys di Lubukbasung mengatakan, ke-168 orang itu berasal dari ASN 69 orang, penyelenggara pemilu 94 orang, dan lima orang dari TNI/Polri.

"Ke-168 orang itu tersebar di 11 kecamatan dan ini berdasarkan verifikasi faktual yang dimulai pada 27 Juli sampai 10 Juni 2020," ungkapnya, Kamis (16/7/2020) dilansir Antara.

Dia mengemukakan untuk pasangan bupati dan wakil bupati Agam atas nama Suhatri-Muhammad Tonic ada temuan dukungan dari ASN 36 orang dan penyelenggara 33 orang.

Sementara, pasangan gubernur dan wakil gubernur Sumbar atas nama Fahrizal-Genius Umar, ada temuan dukungan dari ASN 33 orang, penyelenggara 61 orang, TNI dan Polri lima orang.

Verifikasi faktual di Agam sudah selesai dilaksanakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 11 Juli 2020 dan saat ini sedang menunggu jadwal pelaksanaan pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Bawaslu tentunya melaksanakan fungsi pengawasannya untuk memastikan proses verifikasi faktual dilaksanakan dengan benar dan sesuai aturan yang berlaku. Keterbatasan jumlah personil pengawas, tidak menjadi alasan pengawasan yang dilakukan Bawaslu Agam tidak maksimal," jelas Elvys. 

Bawaslu melakukan pengawasan dengan metode melekat dan audit untuk memastikan proses.

Terhadap adanya kesalahan prosedur, Bawaslu Agam dan Panwaslu Kecamatan melakukan upaya pencegahan dengan langsung menyampaikan kepada KPU Agam dan PPK kecamatan terkait agar segera dapat dilakukan perbaikan. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved