arrow_upward

Mantan Menkominfo Diangkat Jadi Komut Semen Indonesia, Putra Minang Tetap Bertahan

Sabtu, 20 Juni 2020 : 09.21
Rudiantara.
Jakarta, AnalisaKini.id- Mantan Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo) Rudiantara diangkat menjadi komisaris utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menggantikan Soekarwo, mantan gubernur Jawa Timur, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2020 di Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Dalam keterangan persnya, menyebutkan , RUPS itu juga menyetujui penetapan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk (laba bersih) 2019 sebesar Rp2,39 triliun yang diperuntukkan sebagai dividen 10 persen atau Rp239,22 miliar, dan sisanya 90 persen atau Rp2,15 triliun ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

Direktur Utama SIG, Hendi Prio Santoso mengatakan, rapat itu juga menyetujui Laporan Tahunan Perseroan Tahun Buku 2019, termasuk Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Tahun Buku 2019, dan pengesahan Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2019.

Sekaligus, pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada Direksi dan Dewan Komisaris atas tindakan pengurusan dan pengawasan Perseroan yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2019.

Ia mengatakan, PT SIG pada 2019 mencatatkan pendapatan sebesar Rp40,37 triliun, naik 31,5 persen dibanding tahun sebelumnya Rp30,69 triliun.

Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp2,39 triliun. Laba per saham dasar tercatat Rp403.

Sedangkan kinerja penjualan SIG pada 2019 secara konsolidasi mencatatkan total volume penjualan domestik dan ekspor sebesar 42,61 juta ton, termasuk penjualan dari Thang Long Cement (TLCC) Vietnam.

Volume penjualan tersebut naik 28,5 persen dibanding periode yang sama 2018 sebesar 33,17 ton.

Selain jajaran komisaris, jajaran direksi juga diangkat, diantara nama yang diangkat itu, ada nama Benny Wendri, putra Minang, yang tetap bertahan di jajaran direksi. Benny sebelum di Semen Indonesia, menjadi Direktur Utama di PT Semen Padang.

Berikut susunan lengkap dewan komisaris dan direksi PT SIG:

Dewan Komisaris

1.Komisaris Utama Rudiantara

2.Komisaris Hendrika Nora Osloi Sinaga

3.Komisaris Sony Subrata

4.Komisaris Astera Primanto Bhakti

5.Komisaris Lydia Silvanna Djaman

6.Komisaris Independen Mochamad Choliq

7.Komisaris Independen Nasaruddin Umar

Dewan Direksi

1.Direktur Utama Hendi Prio Santoso

2.Direktur Produksi Benny Wendry

3.Direktur Strategi Bisnis & Pengembangan Usaha Fadjar Judisiawan

4.Direktur Keuangan Doddy Sulasmono Diniawan

5.Direktur Pemasaran & Supply Chain Adi unandir

6.Direktur Engineering & Project Tri Abdisatrijo

7.Direktur SDM & Hukum Tina T Kemala Intan. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved