arrow_upward

Mahyeldi : Bantuan Covid-19 yang Disalurkan Sudah Lebih Rp77 Miliar

Rabu, 24 Juni 2020 : 18.20
Walikota Padang Mahyeldi saat pemaparkan realisasi bantuan BLT di RRI. (humas)
Padang, AnalisaKini.id-Walikota Mahyeldi menyebut, sejauh ini Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kota Padang sudah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Covid-19 untuk masyarakat Padang sebesar Rp77 miliar lebih, dengan jumlah penerima 116.135 Kepala Keluarga (KK).

Hal itu disampaikan orang nomor satu di Padang itu saat menjadi narasumber di acara dialog khusus ‘Menelisik Peluang Penyelewangan Bantuan Sosial’ di Sumatera Barat di Stasiun RRI Padang, Rabu (24/6).

Mahyeldi merincikan, alokasi BST tersebut bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) Rp17 miliar lebih dengan jumlah penerima 28.594 KK, dengan jumlah bantuan masing-masing KK Rp600 ribu.

Sementara dari Provinsi Sumatera Barat Rp16 miliar lebih dengan jumlah penerima 13.415 KK, dengan jumlah bantuan Rp.1,2 juta dan dari Padang  Rp44 miliar lebih dengan jumlah penerima 74.126 KK dengan bantuan Rp600 ribu.

“Data penerima BST Kemensos  28.594 KK tersebut terdiri dari 18.096 KK dari Basis Data Terpadu (BDT) dan non BDT 10.498 KK. Sementara untuk data penerima provinsi dan Padang adalah dari non BDT” jelas Wako yang didampingi Kepala Dinas Sosial Afriadi.

Ia menambahkan, mengingat banyaknya data yang dikumpulkan dalam waktu yang mendesak, tidak tertutup kemungkinan adanya data ganda dan lain sebagainya, untuk itu pihaknya sudah mengirim surat melalui kecamatan dan kelurahan tentang pengembalian dana bagi penerima data ganda.

“Alhamdulillah, dari Rp44 miliar lebih yang disalurkan Pemko Padang ke masyarakat, Rp6,5 milyar lebih dana dari penerima data ganda sudah kembali ke APBD Padang, dengan jumlah data ganda 8.433 KK. Atas nama Pemko Padang kita ucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah menunjukan kepeduliannya itu,” puji Mahyeldi.

Mahyeldi menambahkan lagi, selain bantuan dari pemerintah, masyarakat  Padang juga menerima bantuan dari lembaga-lembaga volentir dan organisasi sosial.

"Secara keseluruhan warga yang terdampak sosial ekonominya akibat pandemi Covid-19 sekitar 145 ribu KK. Sementara yang tercover bantuan pemerintah baru 116.135 KK. Menutupi kekurangan-kekurangan ini, kita dibantu oleh 10 LAZ di Padang, BUMN/BUMD dan para pengusaha yang ada di Padang. Alhamdulillah, bantuan tersebut sudah selesai kita salurkan dan dapat meringankan beban masyarakat Kota Padang," imbuh dia.

Selanjutnya, bagi masyarakat yang belum menerima bantuan untuk segera melaporkan ke RT/RW setempat. Nanti datanya akan difalidasi oleh kelurahan dan disampaikan kepada Dinas Sosial.

“Saya juga ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak, mulai dari Pemerintahan Kecamatan, Lurah, RT/RW, Babinsa Bhabinkamtibmas dan seluruh pihak yang telah ikut berkontribusi mengawal dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat,” pungkas Mahyeldi. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved