arrow_upward

Gubernur Sumbar Imbau Perantau tak Balik Lagi ke Perantauan

Selasa, 26 Mei 2020 : 12.49

Padang,  AnalisaKini.id-Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno  mengimbau masyarakat di tanah Minang untuk tak kembali lagi ke perantauan. Hal itu dimaksudkan agar rantai penularan Covid-19 bisa terputus.
"Yang dari rantau tidak perlu pulang lagi. Yang dari ranah ini tak perlu pulang lagi untuk sementara, karena sama-sama kita menghambat penularan transmisi Covid-19 kepada mereka," kata Irwan dalam siaran BNPB, Selasa (26/5/2020).
Jika hal itu dilakukan, Irwan menyebut ada harapan angka kasus positif Covid-19 dilandaikan dan masyarakat bisa memasuki kehidupan normal yang baru.
Lebih lanjut, Irwan mencatat  di Sumbar sektor-sektor pekerjaan didominasi oleh bertani, berkebun, hingga beternak. Para perantau diharapkan bisa bekerja di sektor-sektor tersebut.
"Di Sumbar itu daerah agraris 23,8 persen PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) dari pertanian, sektor kerjanya itu hampir 50 persen didominasi oleh sektor pertanian," lanjutnya.
Para perantau dipastikan tak akan bekerja di industri-industri. Tak seperti di Pulau Jawa, Irwan mengatakan tak ada industri di Sumatera Barat. Terlebih industri padat karya.
"Yang ada industri homemade nah itu pun bisa masuk dia ke homeindustry di keluarga dia, tapi secara umum industri ini sedang melambat itu juga kurang banyak daya tampung," katanya.
"Tapi kalau di pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, itu luar biasa. Kita masih butuh makan minum setiap hari. Saya mengimbau karena dia kan langsung pulang kampung, dan kampung kan udah terpampang di depan rumah ada ladang, kebun, dan sebagainya," kata Irwan.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved