arrow_upward

Gubernur dan Wagub Sumbar Jadi Imam Shalat Ied di Rumdis Masing-masing

Minggu, 24 Mei 2020 : 17.45
Gubernur Irwan Prayitno jadi Imam Shalat Ied di rumah dinas Gubernur Sumbar. (humas)

Padang, AnalisaKini.id - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul Abit melaksanakan shalat Ied di rumah dinas masing-masing, Minggu (24/5). Kedua pemimpin ini, juga menjadi imam shalat Ied yang diikuti keluarga inti masing-masing.


Irwan Prayitno juga memastikan, dirinya tidak menggelar open house di kediamannya. Orang nomor satu di Sumbar tersebut juga melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah dinas di Jati Baru, Padang, Ahad (24/5/2020).

Shalat Ied di rumah dilakukan dalam rangka mengikuti protokol kesehatan dan menghindari kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

"Kami mohon maaf tidak menggelar open house pada lebaran tahun ini," ujar Gubernur Irwan Prayitno.

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan khutbah Shalat Ied. (humas)
Sumatera Barat saat ini masih dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 29 Mei nanti. Selain itu Pemerintah Provinsi Sumbar mengimbau dengan tegas agar tidak melakukan kegiatan kerumunan yang bisa mengakibatkan terjadinya menyebaran Covid-19.

"Kita berharap dengan situasi di tengah pandemi dengan segala keterbatasan pelaksanaan protokol covid-19 tidak mengurangi nilai-nilai budaya dan jalinan silaturahim masyarakat kita baik di ranah maupun di rantau," ucapnya.

Gubernur menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Sumbat karena tidak menggelar open house. Ini bukan berarti rasa silaturahmi baik selama ini terputus. Insya Allah nilai-nilai silaturrahmi yang merupakan tradisi masyarakat Sumbar secara turun-temurun dapat dilalukan sesuai dengan kondisinya saat ini.

"Dan di masa normal nantinya kita dapat beraktivitas seperti waktu-waktu sebelum kondisi pandemi ini. Kepada semua dunsanak baik di rantau dan di ranah, kami atas nama Pemprv Sumbar dan pribadi mengucapkan,  Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Minal Aidin Walfaizin,  mohon maaf lahir dan batin, "ujarnya.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menjadi Imam Shalat Ied di rumah dinas Wagub. (ist)
Hal serupa juga dilakukan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, tidak mengadakan acara open house dan halal bihalal di rumah kediamannya. Shalat Ied juga dilakukan di rumah dinas bersama keluarga inti. Sama halnya Gubernur, Wagub Nasrul Abit juga bertindak sebagai imam sekaligus sebagai penceramah.

Nasrul Abit mengingatkan masyarakat Sumbar yang hendak melakukan silaturrahmi dengan sesama keluarga agar tetap menerapkan protokol kesehatan covid 19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan pola hidup bersih cuci tangan pakai sabun setiap beraktivitas. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved