arrow_upward

Plt. Wako Padang Hendri Septa Napak Tilas ke Batu Busuk Bersama Komunitas CBSM

Sabtu, 20 Maret 2021 : 20.05

 

Plt. Wako Padang Hendri Septa memberikan pengarahan didampingi Ketua CBSM Padang Genny Putrinda dan sejumlah tokoh lainnya sebelum napak tilas. (humas).

Padang, AnalisaKini.id - Sejumlah barang peninggalan Belanda seperti jembatan gantung sepanjang lebih kurang 100 meter, lobang Belanda, PLTA Kuranji, Jenjang Teka-teki, bendungan dan saluran irigasi tujuh tingkat sampai kini masih terawat dan terjaga keasriannya oleh masyarakat setempat.  

Hal itu terlihat saat dilakukan kunjungan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Padang Hendri Septa bersama Komunitas Cagar Budaya, Sejarah dan Museum (CBSM) Padang ke Kampung Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukik, Kecamatan Pauh, Sabtu pagi (20/3/2021).

"Pada hari kita berkumpul dalam agenda menapak tilas melihat sejauh mana Kota Padang menyimpan harta peninggalan dari leluhur yang berada di Kelurahan Lambung Bukik, Kampung Batu Busuk ini," ungkap Plt Wako Hendri Septa usai melakukan kunjungan di beberapa lokasi tersebut.

Hendri mengatakan, berbagai peninggalan zaman Belanda yang berada di Kelurahan Lambung Bukik ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk mengedukasi para generasi muda supaya peduli dengan sejarah dan dapat menjaganya di zaman mereka nantinya. 

"Ke depan bagaimana kita menyiapkan generasi muda yang peduli dan menjaga peninggalan sejarah yang ada di Padang. Untuk itu, hal ini akan menjadi agenda selanjutnya bagi Pemko bersama dinas terkait bagaimana mengajak generasi muda untuk peduli terhadap sejarah," ujar Hendri.

Atas nama Pemko, Hendri mendukung apa yang dilakukan komunitas CBSM Kota Padang karena sangat sejalan dengan salah satu misi Kota Padang, yaitu mewujudkan masyarakat Kota Padang yang madani berbasiskan pariwisata yang unggul dan berdaya saing.

"Muda-mudahan apa yang kita lakukan saat ini, insha allah menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua dan kegiatan ini akan berlanjut dengan napak tilas di daerah yang lainnya," harap Plt Wako.

Hendri juga mengajak masyarakat setempat untuk bersama-sama menjaga kelestarian barang peninggalan sejarah yang ada di Kelurahan Lambung Bukik ini, karena hal ini merupakan tanggung jawab masyarakat Kota Padang. 

Sementara itu, Ketua Komunitas CBSM Padang Genny Putrinda mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat, Padang mempunyai peninggalan-peninggalan sejarah yang sangat luar biasa. 

"Ada berbagai tempat yang sudah kita kunjungi dari tadi, seperti lobang Belanda, PLTA Kuranji, bendungan dan saluran irigasi. Dan kita harapkan ini ke depan bisa menjadi objek-objek wisata baru di Kota Padang," ucap istri Plt Walikota Padang itu. 

Dalam kunjungan kali ini, Plt Walikota juga didampingi oleh Camat Pauh Jasman, Ketua Karang Taruna Padang Yaldi Chaniago, Ketua LPM, Lurah, RT/W dan tokoh masyarakat setempat.(ef).

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved